GITAR TERMAHAL


1949 Fender Broadcaster prototype
Price $375,000
Leo Fender's adalah yang pertama punya gitar dengan body yang kuat dalam prototype  dan menjadi salah satu gitar yang paling populer yang pernah di ciptakan ( gitar ini di juluki Fender Telecaster tidak asing lagi dengan nama ini ) .  Les Paul meinginkan sebuah gitar dengan body yang kuat,  gitar dengan model khusus ini adalah kunci untuk nasib dari  sebagian besar perusahaan gitar listrik sukses di dunia, dan dengan demikian gitar ini sangat penting dalam sejarah besar
alat musik dunia. Dijual kepada seorang kolektor swasta pada tahun 1994, untuk $ 375,000, harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah gitar pada saat itu.







Eric Clapton's Gold Leaf Stratocaster
Price $455,550
gitar ini di pesan oleh Eric Clapton pada tahun 1996, sekitar pada waktu ulang tahun Fender's yang ke-50, Clapton di kabarkan mengingikan sesuatu yang dapat tergantung di sebuah museum seperti Louvre, dan Fender membuat dengan sentuhan khusus, di sepuh dengan emas 23K, kemudian di masukan ke produksi. Menjadi gitar pertanda tangan perusahan pertama di dunia. yang aslinya di lelang oleh Cristie mendapat tawaran yang menakjubkan $ 455.000 pada tahun 1997.















George and John's 1964 Gibson SG
Price $570,000
gitar ini digunakan oleh The Beatles dari tahun 1966 sampai 1996. Goerge Harrison menggunakannya saat rekaman dan tur album Revolver, sementara John Lennon mengunakannya selama sesi untuk album White. Gitar ini diberikan oleh George kepada Petrus Ham, gitaris dari band rock BadFinger, lalu setelah kematian nya gitar ini di temukan hanya terletak sampai tahun 2002, lalu di jual kepada penawar tak dikenal pada tahun 2004 sebuah tawaran yang sangat mengejutkan.






"Lenny" - Stevie Ray Vaughan's 1965 Fender Composite Stratocaster

Price $623,500
gitar blues menakjubkan di terima Lenny dari istrinya pada ulang tahun yang ke-26 dan mendapat nama baru Stevie Ray Vaughan setelah hari itu. Gitar ini menjadi salah satu favoritnya dan dia  menggunakannya secara ekstensif sampai kematiannya pada tahun 1990. Stiker SRV pada body gitar merupakan sebuah daya tarik dari mayoritas gitar kepunyaan Stevie Ray Vaughan, sesuatu kebiasaan yang di ambilnya dari Jimmie Brother yang memulai trend ini sebelumnya. Pada tahun 2004 ini menjadi gitar yang pertama dan satu-satunya yang di rilis dan dijualnya. untuk mengumpulkan uang sedekah untuk Crossroads Center, Ia mengangkat $ 623.500 di lelang untuk menguntungkan  rehabilitasi Crossroads Centre di Antigua.





Eric Clapton's C.F. Martin & Co., circa 1939
Price $791,500
salah satu dari top 10 gitar Clapton, dia menjual gitar ini untuk mengumpulkan uang sedekah. Dia adalah salah satu musisi terkenal yang ikut menyumbang  untuk panti rehalibitasi Crossroads Center. dia peranggapan pasti akan lebih banyak hasilnya jika gitar-gitar milik Jimmy Page, Van Halen dan yang lainnya jika gitar mereka ikut di jual, tapi mereka tidak menginginkan hal itu.




Eric Clapton's 1964 Gibson ES0335 TDC
Price $847,500
gitar ini di gunakan oleh clapton terutama selama 1964 tetapi sangat jarang dia memakai gitar ini selama manggung. Setelah itu dia memangil harga yang tertingi yang tak pernah tebayangkan oleh Gibson ketika di lelang.





Blackie - Stratocaster hybrid

Price $959,500
gitar ini masih milik Eric Clapton karna pengaruh dari Jimmy hendrix, Eric Clapton beralih dari gitar Gibson ke Stratocasters. Clapton membeli 6 Stratocasters antik dari toko gitar di Texas seratus dolar untuk masing-masing gitar. dia memberikan tiga gitar untuk George Harrison, Pete Townshend dan Steve Winwood. dan mengabungkan 3 terbaik yang tersisa menjadi 1  gitar yang hebat, pengerjaannya selama 1 tahun (1956-1957) yang ia namai blackie karena dia menyelesaikannya dengan penutupan warna gelap, Clapton memainkan Blackie pertama kali pada bulan januari 1973, dan terus memaikannya sampai akhinya pensiun pada tahun 1985 karena masalah  leher . sebuah model yang mempunyai sepesifikasi sama persis di buat oleh Fender's untuk menghormati  Clapton. Blackie di jual di lelang pada tahun 2004 menjadi gitar paling mahal pada tahun itu yaitu seharga $ 959.000.














Bob Marley's Custom made Washburn 22 series Hawk
Price $ 2 million
di klarifikas ik an sebagai harta nasional oleh pemerintah jamaika, gitar ini merupakan salah satu dari 7 icon raggae yang dimiliki dalam hidupnya. Pada tangal 21 november 1971, setelah pertunjukan di Vancouver, Marley memberikan gitar ini kepada tukang setel gitarnya Gary Carlsen. Dia berkata " Ambil saja karena kau akan mengerti nanti" sunguh megagumkan Carlsen mengangap ini adalah sebuah tanda bahwa ia harus memberikan karunia untuk sesuatu yang lebih baik. dan diapun memulai mendirikan badan amal. "perjalanan yang berbeda namun satu tujuan" dia menawarkan gitar ini sebagai hadiah undian.





Jimi Hendrix's 1968 Stratocaster
Price $2 million
Hendrix bermain gitar ini di Woodstock pada tahun 1969. Sejak tahun 1970 hingga 1990 gitar ini  dalam kepemilikan nya seorang drummer Mitch Mitchell, dan muncul ke publik lagi pada tahun 1990 dalam pembukaan Fender Seniman Pusat baru. nampak sangat jelas dengan bekas api rokok di headstocknya, dan merek jimi's yang dibuat secara terbalik. Gitar ini dijual di Sotheby's pada tahun yang sama sebesar $ 198.000. Rumor mengatakan bahwa Paul Allen (tangan kanan Bill Gates 'pria di Microsoft) dibayar 2 juta dolar untuk gitar ini pada tahun 1998 . Sungguh harga yang sangat tinngi.










Reach out to Asia Fender Stratocaster

Price $3.7 million

Gitar ini terjual di lelang di Qatar tahun 2005, untuk bantuan dana korban tsunami di Jepang. Dikoordinasi oleh Bryan Adams, Gitar ini ditandatangani oleh Mick Jagger, Keith Richards, Eric Clapton, Brian May, Jimmy Page, David Gilmour, Jeff Beck, Pete Townsend, Mark Knopfler, Ray Davis, Liam Gallagher, Ronnie Wood, Tony Iommi, Angus & Malcolm Young, Paul McCartney, Sting, Ritchie Blackmore, Def Leppard, dan Bryan Adams sendiri. Pada awalnya oleh keluarga kerajaan Qatar untuk $ 1 juta dan kemudian disumbangkan kembali ke badan amal, setelah itu dijual lagi dengan harga sebesar $ 2.7 juta, yang berarti bahwa gitar ini telah menghasilkan total $ 3.700.000 dolar untuk badan amal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar